Mengunjungi Dusun Butuh di Magelang: Nepal Van Java

Mengunjungi Nepal Van Java. Foto: wisatainfo

Ibu pertiwi menyimpan keindahan alam yang seakan tidak ada habisnya. Tak terhitung banyaknya destinasi unik di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya yang sempat viral dan menarik banyak perhatian adalah Dusun Butuh atau Nepal Van Java di Magelang, Jawa Tengah.

Keindahan Nepal Van Java

Dusun Butuh disebut-sebut memiliki keindahan yang luar biasa. tak heran, sejak Nepal van Java viral di sosial media, banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke sana. Bahkan Menteri Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Dusun Butuh tak kalah indah dari pemandangan yang ada di pegunungan Himalaya.

Susunan Rumah ala Nepal

Dijuluki sebagai "Nepal Van Java", Dusun Butuh memiliki kontur yang unik dengan susunan rumah yang bertumpuk di lereng Gunung Sumbing. Alhasil, pemandangannya menyerupai pemukiman yang berada di pegunungan Himalaya.

Berlokasi di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Dusun Butuh disebut-sebut sebagai dusun tertinggi di Kabupaten Magelang dengan ketinggian 1.700 mdpl.

Karena lokasinya yang cukup tinggi, Dusun Butuh memiliki pemandangan yang cantik berupa pegunungan dan persawahan hijau yang membentang sejauh mata memandang. Dusun Butuh juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Sumbing yang merupakan puncak tertinggi ketiga di Pulau Jawa.

Baca Juga: Mengeksplorasi Terumbu Karang di Pulau Togean

Kini, pihak dusun tengah mengelola dan menata ulang kawasan ini agar lebih menarik. Salah satu yang dikembangkan adalah Taman Depok yang merupakan sanggar kesenian sekaligus tempat bersantai dan spot untuk berfoto.

Kini, keberadaan Dusun Butuh banyak dicari para pemburu foto karena pemandangannya yang Instagrammable. Tempat ini pun mendadak naik daun dan menjadi destinasi wisata selfie.

Keramahan Penduduk Dusun Butuh

Saat tiba di Nepal van Java, Anda juga akan disambut dengan ramah oleh warga sekitar. Ini juga menjadi keistimewaan Dusun Butuh dimana mereka selalu menyambut dengan ramah pengunjung yang datang. Mereka selalu menganggap pengunjung sebagai tamu yang bersilaturahmi sehingga wajib bagi mereka untuk selalu berperilaku ramah.

Tetapi di kala pandemi seperti ini, jangan lupa untuk menaati peraturan yang berlaku. Selalu kenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya, ya!

Rute Menuju Nepal Van Java

Untuk pergi ke Dusun Butuh, akan lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Jika berangkat dari Yogyakarta, Anda bisa mengarah langsung ke Magelang menuju Pasar Kaliangkrik. Kemudian, belok ke kanan ke arah basecamp Kaliangkrik. Jika Anda berangkat dari Semarang, butuh waktu sekitar 2,5 jam berkendara untuk mencapai Dusun Butuh.

Jika Anda memutuskan untuk berkunjung ke Dusun Butuh, waktu yang paling disarankan adalah saat pagi hari di musim panas. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemukiman warga ala Nepal, sekaligus melihat pemandangan sunrise atau sunset.

Tiket Masuk Nepal Van Java

Tiket masuk Nepal Van Java - Jika ingin mengunjungi Nepal Van Java, pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir saja. adapun tiket parkirnya hanya Rp 2000 untuk roda dua dan Rp 4000 untuk roda empat.

Waktu Terbaik Mengunjungi Nepal Van Java

Karena berada di pegunungan, Nepal Van Java kerap diselimuti oleh kabut sehingga pemandangan jadi terhalang. anda perlu memilih waktu-waktu tertentu sehingga bisa melihat keindahan Nepal Van Java dengan sempurna.

Adapun waktu terbaik mengunjungi Nepal Van Java adalah saat sunrise dan setelah sunrise antara pukul 08.00-09.00.
 

Posting Komentar

0 Komentar