Travelling Punya Manfaat Kesehatan? Ini Faktanya

Travelling terbukti dapat memelihara jiwa. Foto: pexels.com/helena lopes

Siapa sangka, travelling yang bertujuan untuk bersenang-senang ternyata punya manfaat kesehatan yang luar biasa. Kegiatan travelling memang sangat menyenangkan dilakukan, apalagi saat sudah penat dengan urusan kerja yang isinya hanya begitu-begitu saja.

Semua beban yang terakumulasi selama beberapa waktu seperti lelah, stress, hingga problematika kehidupan dapat lepas seketika. Travelling jadi salah satu alternatif kegiatan untuk bersenang-senang yang menyehatkan. Beberapa ahli juga mengungkapkan bahwa travelling sangat baik untuk tubuh, pikiran, dan juga jiwa.

Lalu, apa sih manfaat kesehatan saat kita melakukan travelling?

Menghilangkan Stres

Stres memang sangat sulit dihindari. Parahnya, hampir setiap orang pernah mengalami hal ini. Penyebabnya pun bisa beragam, mulai dari rutinitas yang terlalu berat dan padat, hingga problem pelik yang sedang dihadapi.

Baca Juga: Bukan Sekedar Travelling, Jadilah Traveller Yang Bijak

Pada dasarnya, tubuh kita seperti bom waktu. Seluruh rasa lelah, penat dan stress akan terus menumpuk terakumulasi dan bisa meledak sewaktu-waktu. Maka dari itu, kita perlu rehat dan melakukan travelling untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

Travelling terbukti ampuh untuk menghilangkan stress. Beberapa penelitian pun menyebutkan jika orang yang melakukan travelling cenderung merasa lebih bahagia dan terhindar dari stes.

Memulihkan Fungsi Organ Tubuh

Stress menjadi salah satu penyebab timbulnya permasalahan organ tubuh lainnya. Namun, karena travelling dapat menghilangkan stress, secara tidak langsung hal ini tentu dapat menjaga dan memulihkan fungsi organ tubuh lainnya.

Apalagi aktifitas travelling banyak dilakukan dengan melibatkan kegiatan fisik. Mendaki gunung, berenang, berjalan di pantai dan masih banyak lagi. Hal ini juga sangat membantu membentuk postur tubuh yang ideal. Namun, kamu harus memastikan jenis travelling yang juga cocok denganmu.

Meminimalisir Resiko Penyakit

CEO dari Asosiasi Travel Amerika Serikat Roger Dow dalam buku berjudul Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So menyebutkan bahwa travelling dapat membantu meminimalisir resiko penyakit-penyakit mematikan seperti stroke, jantung, dimensia, bahkan alzheimer.

Pernyataan Robert Dow ini kemudian diperkuat dalam penelitian yang melibatkan sekitar 12.000 partisipan, bahwa kelompok yang sering melakukan travelling cenderung memiliki tingkat resiko penyakit stroke dan jantung lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukannya.

Mengembalikan Mood

Kita pasti pernah berada dalam keadaan mood yang sangat buruk. Semua yang dilakukan tampak sangat membosankan. Nah jika sudah seperti ini, artinya kita butuh istirahat dan travelling. Karena travelling dapat membantu mengembalikan mood menjadi lebih positif.

Travelling sangat baik untuk menjaga kesehatan mental. Hal ini diperkuat dengan survey yang dilakukan oleh Diamond Resort International bahwa banyak orang yang mengaku mood nya kembali positif setelah melakukan travelling.

Posting Komentar

0 Komentar