Mengenal Konsep Seven Summit of Indonesia

Cartenz Piramid memiliki banyak sekali fakta menarik. Foto: idntimes.com

Indonesia sebagai Negara yang dilewati cincin api (Ring of Fire) memiliki banyak gunung-gunung api dengan panorama yang sangat indah. Bahkan, beberapa gunung yang tersebar di penjuru nusantara tersebut memiliki ketinggian menakjubkan sehingga masuk dalam jajaran 7 puncak tertinggi di Indonesia atau yang dikenal dengan konsep “Seven Summit of Indonesia”.

Sebenarnya istilah ini digunakan untuk memperkenalkan gunung-gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Istilah ini pertama kali digagas oleh Hendri Agustin, seorang pendaki kawakan sekaligus pegiat alam terbuka di Indonesia.

Hendri mengenalkan konsep ini melalui komunitas-komunitas penggiat alam dan pendaki Indonesiadi beberapa media interaksi online yang saat itu sedang banyak digunakan yaitu mailing list Yahoo pada 20 November 2008.

Baca Juga: Tips Travelling Saat Musim Hujan

Munculnya angka 7 pada istilah ini sebenarnya juga terinspirasi dari konsep “World Seven Summits” atau tujuh puncak tertinggi dunia yang digagas oleh seorang pendaki kelahiran Tulsa, Oklahoma bernama Richard “Dick” Bass. Istilah serupa kemudian dibawa dan dipopulerkan di Indonesia.

Kemudian, setelah digagas pada 2008, Hendri juga menyebarluaskan istilah ini pada blog pribadinya sehingga dikenal oleh khalayak pendaki di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan, saat ini seven summit Indonesia sudah menjadi salah satu pakem dalam pendakian dan banyak pendaki yang ingin menggapainya.

Gunung-gunung tersebut adalah Cartenz Pyramid, Semeru, Kerinci, Rinjani, Latimojong, Binaiya, dan Bukit Raya. Pendaki yang berhasil untuk menggapai ketujuh puncak tertinggi tersebut bisa mendaftarkan diri sebagai seven summiters di the7summitsindonesia.com dengan mengisi form yang sudah di sediakan serta memperlihatkan bukti.

Tertarik untuk mendaki kesemuanya?

Posting Komentar

0 Komentar