Lakukan Hal Ini untuk Menumbuhkan Minat Baca

Ilustrasi. Foto: pexels.com

Mungkin beberapa dari kita memang tak akrab dengan membaca. Atau malah mungkin sebagian besar dari kita demikian. Membaca dianggap sebagai kegiatan yang sangat membosankan dan juga melelahkan. Malas jika harus membaca berlama-lama.

Data terbaru menunjukkan fakta ironis mengenai minat baca di Indonesia. UNESCO menyebutkan bahwa Indonesia menempati posisi kedua dari bawah dalam literasi di dunia. Data UNESCO mengungkapkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya dari 1000 orang, hanya ada 1 orang yang memiliki minat baca.

Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa minat baca di Indonesia masih sangat rendah. Apalagi, data diatas tentu bukan satu-satunya fakta yang menunjukkan hal demikian.

Membaca memang bukan kegiatan yang mudah dilakukan. Dibutuhkan keuletan dan kedisiplinan agar kita bisa mendapatkan kesenangan dari membaca. Apalagi jika kita memang tak menyukainya sejak awal. Namun, minat baca juga bisa ditumbuhkan dalam diri masing-masing. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan minat baca.

Mulai dengan Satu Halaman

Kebiasaan membaca dapat dimulai dengan hal kecil. Kamu bisa memulai kebiasaan ini dengan membaca satu halaman setiap harinya. Tak perlu banyak, membaca hingga berlembar-lembar. Kamu hanya butuh konsistensi agar terbiasa melakukannya. Minat baca memang tak hadir begitu saja. Kamu harus disiplin melakukannya agar menjadi sebuah kebiasaan.

Baca Juga: Mengenal Konsep Seven Summit of Indonesia

Pilih Buku Yang Temanya Anda Sukai

Jika kamu tertarik dengan sebuah tema dalam buku, maka mulailah membaca dari sana. kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan buku tersebut karena memang tertarik untuk membacanya. Hal ini akan membuat kamu nyaman dan terus membaca.

Jika suka sejarah, pilihlah buku sejarah yang paling membuatmu tertarik. Jika suka tema lingkungan, carilah buku tertema demikian. Memulai dengan sesuatu yang kamu sukai tentu akan lebih mudah dilakukan.

Pergi ke Toko Buku

Pergi ke toko buku bisa mengakrabkan kamu dengan buku. Kamu akan menjadi sangat familiar Karena sering melihat buku yang terpajang disana. Dari sekian banyak buku, pasti ada salah satu yang sangat menarik perhatianmu.

Dari ketertarikan itu, kamu bisa memulai langkah awal perjalanan membaca yang luar biasa. Beli buku tersebut dan mulailah membacanya. Namun ingat, kamu harus berkomitmen untuk meluangkan waktu dan mulai membacanya.

Offline Media Sosial

Ketika kamu mulai membaca, media sosial dapat menjadi salah satu penghalang. Jadi kamu harus menonaktifkannya agar tak mengganggu fokusmu dalam membaca. Tak perlu lama-lama, 30 menit sudah sangat cukup buatmu untuk fokus dan mengerti isi paragraf buku yang kamu baca.

Hal ini memang tak mudah, namun sangat membantumu dalam menumbuhkan minat baca.

Posting Komentar

0 Komentar