Fakta dan Panorama Desa Adat Wae Rebo

Desa adat Wae Rebo merupakan destinasi yang dinobatkan sebagai warisan budaya dunia. Foto: factsofindonesia.com

Indonesia bagian Timur memang memiliki kekayaan alam dan pariwisata yang luar biasa mempesona. Bagaikan surga, keindahan Indonesia bagian timur sudah tak bisa diragukan lagi. Berbagai keindahan potensi alam mulai dari gunung, pantai, air terjun, alam bawah laut, bahkan pulau dan dataran tinggi yang seolah memiliki keindahan magis. Membuat takjub dan kecanduan.

Namun, ada juga potensi adat yang tak kalah mempesona dari keindahan itu semua. Namanya adalah Wae Rebo. Wae Rebo merupakan salah satu destinasi berupa desa adat yang sudah berdiri sejak zaman dulu dan dilestarikan hingga kini. Destinasi ini berada di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Berada di tengah perbukitan hijau, panorama sekitar desa adat Wae Rebo sangat cantik mempesona. Apalagi Wae Rebo merupakan salah satu desa tertinggi yang ada di Indonesia, membuat Wae Rebo kerap diselimuti kabut tipis ketika pagi. Membuat suasana makin nyaman dan syahdu.

Terdapat 7 rumah adat yang tersusun melingkar. Bentuknya seperti kerucut, dibangung menggunakan bahan-bahan alam dari hutan. Rangkanya dari kayu worok, papan lantainya dari kayu ajang, baloknya dari kayu uwu, sementara atapnya menggunakan daun lontar yang ditutupi ijuk.

Disini, tak hanya menawarkan keindahan alam sekitar saja, namun fenomena sosial juga menjadi daya Tarik tersendiri. Keramahan penghuninya serta melihat bagaimana cara meraka hidup adalah pengalaman yang tak bisa didapatkan pada destinasi lain.

Bahkan, karena berbagai keindahan dan keunikannya, Wae Rebo mendapatkan penetapan dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia menyisihkan 42 negara lain yang juga ikut menjadi nominasi pada Agustus 2012 lalu.

Posting Komentar

0 Komentar