Kisah Mistis Beberapa Gunung yang Dipercaya Masyarakat

Bulak peperangan merupakan salah satu pos di Gunung Lawu yang sarat hal ghaib. Foto: Pinterest/Gerry M Gianna

Hal-hal yang berbau mistis memang sangat dekat dengan masyarakat kita. Budaya yang erat dengan sentuhan animisme dan dinamisme menjadikan masyarakat akrab dengan hal-hal seperti ini bahkan menjadi kearifan lokal setempat.

Gunung, menjadi tempat yang dianggap suci dan penuh dengan hal ghaib. Beberapa gunung bahkan digunakan untuk ritual, entah untuk menghormati sosok tertentu, atau mencari keuntungan pribadi.

Beberapa kisah mistis ataupun legenda juga menjadi kekayaan tersendiri. Walaupun tak percaya, Hal-hal semacam ini memang harus dihormati sebagai kepercayaan setempat. Nah berikut adalah beberapa Gunung di Indonesia dengan kisah mistisnya:

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung terpopuler di Indonesia. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara juga sangat sering terlihat mendaki gunung ini. Masyarakat setempat percaya, bahwa Gunung Rinjani merupakan lokasi keberadaan Dewi Anjani.

View Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Foto: Matakota.com

Dewi Anjani merupakan putri cantik yang menjadi legenda di Gunung Rinjani. Selain itu masyarakat setempat juga percaya bahwa Gunung Rinjani adalah tempat berkumpulnya makhluk-makhluk ghaib yang membentuk kehidupan.

Dari arah puncak kea rah tenggara terdapat sebuah kaldera lautan debu yang dipercaya menjadi kerajaan tuan dan raja bijaksana. Konon, istana tersebut akan tampak sekali dalam satu tahun.

Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Hal ini tentu sangat erat hubungannya dengan miitos ataupun misteri. Disini, ada beberapa spot yang memiliki misteri tersendiri.

Seperti di Arcopodo, konon terdapat dua patung ghaib sang prajurit kerajaan majapahit yang masih berdiri kokoh. Arcopodo juga menjadi tempat yang sangat angker karena terdapat batu-batu memoriam orang yang meninggal saat mendaki.

Semeru menjadi salah satu gunung kramat penuh mitos yang menjadi kearifan masyarakat Tengger. Foto: Baraoutdoor.com

Selain itu, di Danau Ranukumbolo pun terdapat sosok dewi penjaga yang menjelma menjadi ikan emas. Konon pada malam purnama, ikan emas tersebut akan menampakkan diri menjadi dewi yang cantik jelita berbentuk uap permukaan air danau.

Gunung Salak

Gunung yang terdapat di Jawa Barat ini terkenal sangat angker. Banyak sekali kisah mistis dan misteri yang menyelimuti salah satunya adalah misteri bahwa gunung Salak menjadi tempat terakhir Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja terlihat.

Beberapa kali menjadi kesaksian kejadian aneh para pendaki, Gunung Salak memang dipercaya penuh hal-hal ghaib

Tak jarang para pendaki melihat hal-hal yang aneh, sempat beberapa orang mengaku pernah melihat tentara berjumlah satu kompi sedang latihan digunung tersebut lalu menghilang. Beberapa orang juga mengaku pernah mendengar suara sorakan ramai seperti sedang ada kerumunan.

Gunung Lawu

Gunung Lawu menjadi salah satu gunung yang sangat kental dengan aura mistis. Berbagai kejadian pendaki hilang juga berpengaruh menambah kesan angker gunung ini. gunung yang terletak di perbatasan Solo, Ngawi dan Magetan ini juga memiliki mitos.

Pendakian Lawu via Candi Cetho merupakan jalur yang sangat eksotik dan menyimpan berbagai mitos. Foto: Phinemo.com

Mitos yang ada di Gunung Lawu sangat berhubungan dengan kepercayaan masyarakat setempat yang menganggap bahwa puncak hargodumilah dan hargodalem menjadi tempat bersemayamnya raja sekaligu patih nya.

Di Gunung Lawu, terdapat beberapa aturan yang menjadi pantangan para pendaki yaitu tak boleh memakai pakaian berwarna hijau, tak boleh mendaki dengan jumlah ganjil, dan jangan pernah mengumpat. Hal ini diyakini dapat menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan saat pendakian.

Posting Komentar

0 Komentar