Keindahan Gunung Merbabu yang dapat membius dan membuat ketagihan

Panorama Merbabu dari Sabana 2 via Selo. Foto: Goodnewsfromindonesia.com

Jawa Tengah menjadi salah satu Provinsi yang memiliki banyak gunung dengan pemandangan eksotik. Gunung-gunung tersebut memiliki karakter dan keunikan masing-masing. Nah, dari sekian gunung yang ada di Jawa Tengah, menurut saya Gunung Merbabu adalah gunung yang memiliki panorama paling menakjubkan. Berikut merupakan ulasan mengenai keindahan Gunung Merbabu yang bisa bikin takjub.

Saya sudah 4 kali melakukan pendakian Gunung Merbabu, Bukannya kapok, saya malah kecanduan. Kesannya tak pernah berubah, Merbabu selalu cantik dari jauh maupun dekat. gunung dengan ketinggian 3.142 Mdpl ini memiliki keindahan yang memberikan pengalaman tak terlupakan.

Berada di 3 wilayah administrasi kabupaten yaitu Magelang, Boyolali, dan Semarang, Gunung Merbabu memiliki keistimewaan yang tak dimiliki oleh gunung-gunung lain. Sebenarnya, apa yang membuat gunung ini menjadi sangat istimewa?

Berikut merupakan beberapa Keindahan Gunung Merbabu yang sangat menakjubkan:

Sabana Terluas

Berada di Padang rumput hijau yang dihiasi beberapa tumbuhan edelweiss dan cantigi membuat kita seperti sedang berada di negeri dongeng. Sabana yang membentang sejauh mata memandang seperti permadani tentu sangat memanjakan mata.

Salah satu lokasi campground Gunung Merbabu yang sangat nyaman. Foto: traveller.id 

Suasana ini akan semakin sempurna saat dinikmati sambil  Menyesap kopi sedikit demi sedikit, ditemani angin yang bertiup sepoi menerpa rerumputan menciptakan suara yang sangat menenangkan. Hal untuk mencari ketenangan setelah menghadapi berbagai hiruk pikuk pekerjaan. Tak heran, sabana adalah spot yang banyak di cari oleh pendaki.

Satu lagi yang unik, saat musim kemarau tiba, sabana Merbabu akan menguning dan justru semakin cantik

Jika anda berkesempatan untuk mendaki Merbabu, saya sarankan untuk tidak terburu-buru. Nikmati keindahan perjalanan di setiap pos karena menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri.

View Gunung Merapi

Karena dekat sekali dengan Gunung Merapi, salah satu keindahan Merbabu adalah panorama Gunung Merapi di sebelah utara yang nampah megah nan gagah. View ini akan sangat terlihat ketika kita mendaki Merbabu melalui jalur Selo.

Penampakan Merapi selalu megah nan gagah. Foto: Travelingyuk.com

Dari Pos 3, penampakan Merapi akan terlihat sangat dekat. Dihiasi awan-awan yang menggulung membuat Merapi menjadi semakin eksotik. View ini akan sangat bagus dijadikan background spot foto.

Sunrise

Sebenarnya, tak perlu mendaki gunung pun, melihat sunrise memang selalu membuat takjub. Namun ketakjuban tersebut akan semakin bertambah saat kita menyaksikannya di puncak gunung.

Melihat sunrise di Gunung Merbabu memanglah epic. Dari puncak yang dingin, kita akan melihat penampakan cahaya emas perlahan muncul dan memperjelas pandangan. Cahaya itu membawa kehangatan setelah tubuh dihajar dengan dinginnya malam. Cahaya yang menembus cakrawala itu membuat sabana Gunung Merbabu menjadi semakin takk terlupakan.

Punya 3 Puncak

Sebagai gunung berapi yang sudah tak aktif lagi, Gunung Merbabu memiliki 3 puncak utama, yaitu Puncak Kenteng Songo (3.142 Mdpl), Trianggulasi (3.142 Mdpl), dan Puncak Syarif (3.119 Mdpl). Ketiga puncak ini memiliki jarak yang tak jauh, namun kebanyakan pendaki hanya mencapai satu puncak saja yang paling dekat dan sejalur dengan trek yang diambil.

Penorama dari puncak Gunung Merbabu. Foto: Jejakkrismon.com

Hebatnya, ketiga puncak tersebut sama-sama memiliki keindahan yang sangat menawan. Jika cerah, kita akan melihat awan menggumpal menggulung-gulung bagai ombak di lautan. Puncak merapi pun makin terlihat jelas. Dari sini, kita akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Posting Komentar

0 Komentar