Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Arung Jeram

Arung jeram merupakan olahraga yang sangat membutuhkan kerja sama tim. Foto: Rencongpost.com

Arung Jeram atau rafting termasuk dalam kategori Olah Raga Arus Deras (ORAD). hal ini menunjukkan bahwa arung jeram merupakan olahraga yang ekstrim dan membutuhkan periapan khusus. Mengarungi derasnya gelombang jeram membuat jantung berdebar-debar.

Olahraga ini menjadi olahraga yang berbahaya dan sangat beresiko. Jatuh, menghantam batu, tergulung derasnya jeram bisa mengakibatkan cidera serius bahkan kematian. Untuk itu, sebelum melakukan olahraga ini, kita harus terlebih dahulu melakukan persiapan matang agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bekali Diri Dengan Pengetahuan

Rafting merupakan olahraga yang sangat beresiko. Jadi, sebelum melakukan arung jeram, pastikan untuk terlebih dahulu membekali diri dengan pengetahuan dasar mengenai arung jeram. Wawasan kita mengenai arung jeram/rafting akan sangat menentukan bagaimana kelancaran dan keselamatan kita dalam mengarungi jeram.

Jadi, membekali diri dengan pengetahuan adalah salah satu persiapan paling fundamental yang harus dilakukan. Mulai dari pengetahuan bagaimana cara memegang dayung, duduk di perahu agar mudah jatuh, sampai pemahaman apa yang harus dilakukan saat terjatuh, perahu terbalik, ketika ada halang rintang pepohonan dan saat terbentur beebatuan atau tebing dengan keras.

Semua ini, harus dilakukan sebelum kita melakukan jeram.

Kesiapan Mental dan Fisik

Sebelum melakukan Jeram, kita harus memastikan bahwa kondisi tubuh sedang dalam keadaan prima. Jika tidak, maka menundanya akan menjadi pilihan yang lebih baik. hal ini karena ditakutkan akan berpengaruh dalam proses pengarungan jeram. Seluruh olahraga tentu memerlukan fisik yang sehat. Maka sebelum melakukan jeram, kita juga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu agar terhindar dari resiko cedera.

Pemahaman dan penguasaan sungai menjadi kunci saat menaklukkan ekstrimnya jeram. Foto: MaritimNews.com

Selain itu, Kondisi mental juga sangat penting untuk diperhatikan. Mental menjadi tolak ukur setelah memastikan kondisi fisik prima. Kedua hal ini harus balance. Harus sama-sama dalam keadaan fit. Jika sudah mulai ragu, akan lebih baik untuk menunggu keadaan mental lebih baik.

Alat keselamatan

Karena termasuk dalam kategori olahraga ekstrim, maka alat keselamatan menjadi elemen yang sangat penting untuk diperhatikan. Semua alat keselamatan yang dipakai harus dipastikan proper agar arung jeram yang dilakukan tetap safety.

Pilih peralatan yang pas untuk masing-masing individu seperti pelampung yang agak ketat, helm yang pas dan kencang, sampai pakaian tertutup untuk menghindari luka gores dari bebatuan saat terjatuh.

Peralatan ini menjadi sangat penting karena pemandu tak bisa berbuat banyak untuk keselamatan semua penumpang dan hanya penumpang itu sendiri yang bisa berusaha survive dengan alat keselamatan yang ia pakai.



Posting Komentar

0 Komentar