Goa Rangko: Eksotisme Laguna dalam Goa

Seperti kolam renang pribadi, laguna Goa Rangko belum banyak dikunjungi. Foto: Indonesia Kaya

Saya sangat percaya, banyak sekali keindahan dan kekayaan alam di Indonesia sangat indah dan belum terjamah. Tempat-tempat itu kebanyakan tersembunyi, memiliki akses yang sulit dan juga penuh tantangan. Namun, tempat itu punya keindahan yang tak terbayarkan oleh apapun. Salah satunya adalah Goa Rangko.

Goa Rangko adalah salah satu destinasi wisata goa eksotik yang terletak di Desa Rangko, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Goa ini seperti kolam renang dengan air yang sangat jernih dan berwarna kebiruan.

Air ini sangat segar karena merupakan air asin. Air tersebut bersumber dari air laut karena Goa Rangko memang terletak bersebelahan dengan laut lepas. Kesegarannya tak perlu diragukan lagi, kita dapat langsung berenang dan merasakan sensasi yang tak terlupakan.

Air dalam laguna yang sangat jernih. Foto: Indonesia Kaya

Mengunjungi Goa Rangko untuk melakukan relaksasi nampaknya menjadi ide yang sangat menarik setelah melakukan berbagai rutinitas keseharian yang membosankan. Sejenak melarikan diri untuk kembali menemukan jati diri adalah hal yang sangat diperlukan.

Tempat ini masih sangat jarang dikunjungi karena memiliki akses yang sulit. Karena itu, salah satu hal yang paling digemari di sini adalah keheningan itu sendiri. 

Goa Rangko menawarkan ketenangan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung. Kita bisa berenang dengan bebas dan juga dapat bersantai di bibir goa menikmati keindahan sekitar dengan tenang.

Ornamen stalaktit yang terbentuk disekitar goa karena pembekuan mineral-mineral air. Foto: Indonesia Kaya

Bagian atas goa ini dihiasi dengan ornamen-ornamen stalaktit yang tak beraturan akibat pembekuan mineral-mineral air yang menetes. Hal ini tentu membuat Goa Rangko menjadi lebih eksotik. Hal yang paling menarik dari goa ini adalah tidak ada kelelawar didalamnya sehingga suasana akan sangat sunyi dan penuh ketenangan.

Untuk mendapatkan view terbaik, waktu yang pas untuk berkunjung ke Goa Rangko adalah pukul 12.00 hingga 14.00 karena pada rentan waktu tersebut sinar matahari merayap masuk ke goa, menjadikan seluruh bagian dan sudut goa makin terlihat jelas.

Jalan trek menuju Goa Rangko. Foto: Indonesia Kaya

Sebenarnya, Goa Rangko dapat di tempuh dalam waktu satu jam perjalanan dari Labuan Bajo. Destinasi ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata sebelum berkunjung ke Taman Nasional Komodo. 

Kita dapat menyewa perahu nelayan sekitar desa untuk menuju ke Goa Rangko. Namun kita harus memastikan secara langsung kepada nelayan tersebut mengingat sampai saat ini tidak ada transportasi khusus yang mengakomodasi wisatawan untuk menuju Goa Rangko.


Posting Komentar

0 Komentar