Tetap Menjaga Lingkungan Meski Sedang #Dirumahaja

Source: Pixabay.com

Setiap tanggal 22 April, Dunia merayakan Hari Bumi Internasional. Sebuah perayaan yang seharusnya di lakukan setiap hari. Fungsinya satu, agar manusia tidak lupa menjaga bumi. Satu-satunya tempat tinggalnya.

Hari-hari ini, problematika iklim dan lingkungan memang menjadi masalah yang sangat serius. Kerusakan lingkungan terjadi tak kunjung usai. Menunjukkan bahwa kerusakan yang dilakukan semakin masif sementara kesadaran semakin terkikis. Krisis nya tingkat kepedulian terhadap lingkungan tersebut jika tidak diatasi tentu akan berkepanjangan.

Untuk itu, kita harus mulai sadar dan menjunjung tinggi prinsip greenmind. Yaitu pola pikir ramah lingkungan yang berorientasi dan berkelanjutan. Maka, ketika memiliki pola pikir tersebut kita akan lebih peduli dan secara proaktiv melakukan upaya-upaya pemeliharaan lingkungan. Semua ini memang harus kita mulai dari diri sendiri.

Walaupun saat ini kita sedang berada di rumah aja karena pandemi, nyatanya kita tetap bisa berkontribusi untuk menjaga lingkungan. Hari bumi, tetap kita bisa rayakan melalui kegiatan-kegiatan pemeliharaan di rumah. Nah beberapa kegiatan inilah yang bisa sama-sama kita lakukan. Yuk, sama-sama jaga lingkungan.

Tanam Pohon di Sekitar Rumah

Source: Pixabay.com

Menciptakan lingkungan hijau menjadi salah satu jalan untuk memelihara lingkungan. Namun menanam pohon dalam skala besar sangat sulit dilakukan dan tentu memerlukan perencanaan yang sangat matang. tapi kita tetap bisa memulainya dengan skala kecil, yaitu menanam beberapa pohon di pekarangan rumah.

Walaupun ini adalah langkah yang sangat sederhana, namun memiliki dampak yang berkepanjangan (sustain). Bayangkan jika seluruh orang ikut berpartisipasi dalam gerakan ini, tentu parahnya polusi serta perubahan iklim ekstrim lambat laun akan teratasi.

selain itu, menanam juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Baca juga Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental dengan Berkebun.

Daur Ulang Sampah atau Barang Tak Terpakai

Source: Pinterest.com

Barang-barang tak terpakai menumpuk tidak karuan kemudian membuat risih. Hal ini tentu sangat mengganggu dan tak sedap di pandang.

Untuk itu, saat sedang berada di rumah aja seperti saat ini, memanfaatkan barang-barang bekas dan mendaur ulang bisa jadi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi lingkungan. Kita juga bisa mengasah kreativitas untuk memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sebuah karya. Seperti membuat pot gantung dari botol plastik ataupun bekas wadah cat. Tentu masih banyak ide-ide lain yang bisa kita kembangkan.

Aksi-aksi sederhana seperti inilah yang kadang membawa sebuah perubahan besar. Tentunya juga dapat mengurangi sampah yang ada.

Buat Bank Sampah Sendiri

Source: Pixabay.com

Sampah yang menumpuk tentu sangat membuat risih dan menimbulkan bau. Hal ini juga sangat mengganggu pemandangan. Makanya, mumpung sedang berada dirumah aja kita dapat membuat bank sampah sendiri.

Hal ini demi menjaga lingkungan agar tetap rapi dan bersih. Demi menjaga konsistensi, kita bisa membedakan sampah organik dan anorganik. Memisahkan pembuangan sampah seperti ini disinyalir dapat menghindari penumpukan sampah yang mungkin akan terjadi.

Irit Listrik

Source: Pixabay.com

Selama barada di rumah, kita juga tetap harus bijak dalam menggunakan listrik. Mencabut seluruh stop kontak yang tidak terpakai dapat membantu memperirit penggunaan listrik dan dapat menjaga lingkungan. Mungkin masih banyak yang meremehkan hal ini. Namun nyatanya, hal ini bisa memberikan dampak yang besar. Dilansir dari IDN Times, colokan yang masih terhubung dengan stop kontak akan terus mengalirkan listrik ke alat elektronik, meskipun dalam keadaan mati.

Bahkan, para ahli juga menyebutkan bahwa fenomena ini sebagai vampire power. Nah makanya, sebaiknya sekarang kita mulai kurangi konsumsi listrik dengan mencabut stop kontak yang tidak terpakai sehingga menjadi energy yang terbuang sia-sia.

Posting Komentar

0 Komentar