Keindahan Gunung Bromo Tak Lekang Oleh Waktu

Source: Pixabay.com

Indonesia memang terkenal dengan pesona gunung berapi yang sangat memukau. Beberapa gunung berapi tersebut bahkan menjadi salah satu destinasi populer tujuan banyak wisatawan. Salah satunya adalah Bromo.

Bromo merupakan gunung berapi yang ada di Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 2.329 Mdpl ini berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan terbagi dalam empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang.

Terkenal dengan sebutan negeri di atas awan, keindahan Bromo seakan tak habis untuk terus dijelajahi. Hal ini menjadikan gunung bromo sebagai destinasi spesial yang memiliki banyak spot menarik dan fotogenik.

Penanjakan

Source: Pixabay.com

Spot paling berkesan adalah penanjakan. Spot ini merupakan tempat tertinggi yang ada di Gunung Bromo. Dari sini kita bisa melihat lanskap gunung bromo berselimut awan dari atas. Karena keindahannya, tak heran tempat ini selalu ramai oleh wisatawan terutama pada akhir pekan.

Dari sini, kita juga dapat melihat golden sunrise yang sangat megah. Pemandangan gelap, berubah perlahan menjadi garis cahaya emas melewati horizon. Setelah cahaya matahai benar-benar meninggi, kita dapat melihat seluruh penampakan gunung yang ada disana, mulai dari Gunung Batok, Gunung Widodaren, Gunung Kursi, serta Gunung Tertinggi di Tanah Jawa yaitu Semeru.

Namun, untuk bisa melihat seluruh pemandangan itu dengan sempurna, kita harus berangkat pada dini hari. Sekitar pukul 02.00 kita sudah harus naik jeep menembus gelap dan dinginnya Bromo. Jangan lupa, saat berkunjung sangat dianjurkan untuk memakai jaket dan syal.

Bukit Teletubies

Source: Alifbatasa.hol.en

Tak hanya lautan pasir, bromo juga punya bukit sabana hijau bernama Bukit Teletubies. Hijau bagai permadani, penampakan bukit ini seperti bukit yang ada di salah satu film kartun anak-anak yaitu teletubies.

Padang sabana hijau dengan pohon-pohon tumbuh subuh ini sangat memanjakan mata. Apalagi pemandangan semakin kontras karena bukit ini dikelilingi oleh dominan warna abu pasir. Pemandangan ini menjadi sangat fotogenik bagi yang doyan selfie atau foto lanskap.

Bukit Teletubies berada di bagian selatan Gunung Bromo. Disini juga terdapat beberapa fasilitas yang dapat mempermudah para wisatawan yang berkunjung seperti toilet, warung, dan juga area parker. Jadi jangan khawatir.

Pasir Berbisik & Jeep

Source: Pixabay.com

Pasir berbisik merupakan salah satu spot berupa padang pasir luas yang berada tepat di sebelah kawah Gunung Bromo. Nama ini sebenarnya bermula dari sebuah film berjudul “Pasir Berbisik” yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Sopt ini menjadi lokasi shooting film tersebut dan mulai di kenal sebagai pasir berbisik.

Alasan lain karena pasir yang begitu tebal dan angin kencang yang selalu bertiup bergesekan tak berhenti. Angin itu membawa butiran-butiran pasir terbang sehingga terdengar seperti suara bisikan.

Di spot ini juga merupakan spot pemberhentian jeep. Warna-warni jeep yang ada dapat menambah kesan fotogenik. Selain itu, dari sini kita juga bisa menyewa kuda untuk menuju spot selanjutnya yaitu Kawah Bromo yang berjarak sekitar 30 Menit jalan kaki.

Jangan khawatir, di spot ini juga terdapat warung yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat, makan,  bahkan ngopi.

Kawah Bromo

Source: Pixabay.com

Gunung Bromo adalah gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif. Hal ini membuat pemandangan kawah bromo menjadi sangat estetik. Kawah yang terus mengeluarkan asap selelu membuat penasaran sekaligus menjadi daya Tarik tersendiri.

Untuk menuju ke kawah, kita harus jalan kaki sekitar 30 Menit atau 15 Menit jika naik kuda. Setelah sampai di pintu pendakian, perjalanan dimulai dengan berjalan mendaki anak tangga sampai tiba di bibir kawah. Letih tentu akan terbayar seketika melihat keindahan kawah Bromo yang begitu megah.

Posting Komentar

0 Komentar