Beberapa Hal Yang Wajib Dipersiapkan Untuk Mendaki Gunung

Source: Zilliun.com

Belakangan, mendaki menjadi salah satu olehraga yang sangat digemari oleh banyak kalangan. Banyak view yang sangat cantik menjadi daya Tarik tersendiri bagi banyak orang. Dimulai dari penasaran, akhirnya banyak yang memutuskan untuk mencoba mendaki.

tapi, pendakian merupakan olehraga yang sangat berbahaya karena memiliki banyak sekali resiko. Mulai dari resiko cedera, serangan binatang, penyakit ketinggian seperti hipotermia dan AMS sangat memungkinkan menyerang pendaki kapanpun. Bahkan dalam beberapa kasus hal tersebut dapat menyebabkan kematian. Selain itu, kemungkinan tersesat juga menjadi salah satu resiko tersendiri yang harus di perhatikan.

Banyaknya resiko-resiko tersebut tentu membuat pendakian bukanlah kegiatan yang bisa dilakukan sembarang. Perlu persiapan dan pengetahuan yang matang agar pendakian dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. Nah ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum explorer melakukan pendakian, terutama jika kamu baru ingin melakukan pendakian.

Bekali Diri Dengan Pengetahuan Dasar

Source: Indosurvival.com

Pendakian harus dilakukan dengan pengetahuan yang cukup. jadi ketika explorer sudah memutuskan untuk mulai mendaki, explorer harus mempelajari hal-hal dasar seputar pendakian agar terhindar dari berbagai resiko yang tidak menyenangkan. Pengetahuan dasar seperti manajemen waktu, perjalanan, logistic, dan survival menjadi modal besar yang harus dimiliki.

Persiapan Fisik & Mental

Source: Pixabay.com

Kekuatan fisik merupakan hal yang sangat penting dalam pendakian. Maka mempersiapkan fisik menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan karena mendaki sangat membutuhkan kekuatan. Persiapan ini harus dilakukan paling minimal 2 minggu sebelum pendakian dilakukan. Bisa dengan jogging, naik turun tangga atau olehraga ringan lainnya untuk dapat melatih otot kaki dan pernafasan. Hal ini sangat membantu agar pendakian bisa berjalan lancar, tidak mudah lelah dan ngos-ngosan.

Selain fisik, mental juga harus dipersiapkan dengan baik. banyak sekali pendaki yang memiliki kekuatan fisik prima, namun gagal mencapai puncak karena mental nya lemah. Mental disini sangat menentukan bagaimana pendaki bisa mencapai tujuannya atau tidak.biasanya, karena sudah lelah dan terlalu lama berjalan, banyak pendaki pemula yang putus asa karena tidak kunjung sampai. Maka kuatnya mental dan keinginan menjadi hal yang tak kalah penting dari kekuatan fisik.

Persiapan Peralatan


Mempersiapkan peralatan pendakian adalah hal yang wajib dilakukan untuk pendaki. Peralatan yang dipersiapkan harus sesuai dengan standar SOP pendakian karena pendakian merupakan olehraga yang sangat memerlukan kelengkapan peralatan agar safety dan nyaman. Peralatan inilah yang menunjang keamanan selama pendakian. Peralatan ini biasanya dibagi menjadi 2 jenis yaitu peralatan individu dan kelompok. Peralatan individu mencakup carrier (tas gunung), sleeping bag, matras, sepatu trekking, jaket hangat, mantel, senter, dan masih banyak lagi. Sedangkan peralatan kelompok mencakup tenda, flysheet, tali temali, kompor, nesting, dan  logistik.

Jangan Mendaki Sendirian


Ini adalah hal terpenting dalam pendakian. Explorer dilarang mendaki sendirian. Hal ini berlaku ke semua pendaki, baik yang sudah sering mendaki ataupun yang baru mulai mendaki. Karena mendaki sendirian sama saja mengundang marabahaya. Ketika terjadi sesuatu selama pendakian, explorer tak bisa melakukan apapun karena hanya sendirian. Makanya, mendaki sendiri adalah hal yang harus dihindari. Ingat, sejauh apapun melangkah, tujuan kita tetap rumah.

Nah jadi bagaimana explorer? Jika sudah melakukan persiapan dengan mantap, maka lakukan saja pendakian pertamamu. Jangan ragu dan selamat mendaki.



Posting Komentar

0 Komentar