Suoh, Kawasan Wisata Alam Dengan Lanskap Menakjubkan


Via https://www.instagram.com/endangguntorocanggu/
Hamparan padang ilalang hijau yang dikelilingi oleh 3 danau berbeda. Membayangkannya saja sudah menyenangkan, mengunjunginya apalagi. Nah, ternyata tempat seperti itu dapat kita jumpai di Lampung, tepatnya di Suoh, Lampung Barat.

Suoh merupakan sebuah kecamatan yang memiliki kawasan wisata alam yang unik. Dikawasan tersebut terdapat beberapa wisata alam yang jaraknya berdekatan. Hal ini membuat pemandangan Suoh sangat amat menakjubkan. Selain itu, karena bersebelahan dengan Taman Nasional Bukit Barisan membuat kawasan ini juga memiliki lanskap perbukitan yang sangat fotogenik.

Namun sebenarnya apasaja wisata alam yang ada disana?. Nah, pada kesempatan kali ini akan kita ulas apa saja wisata alam yang ada di Suoh serta bagaimana keunikannya.

3 Danau Suoh

Via https://www.instagram.com/ekafendiaspara_alliwa/
Ketika sampai di kawasan wisata alam Suoh, kita akan langsung dimendapatkan indahnya pemandangan 3 danau yang berdekatan. Konon menurut warga setempat, ketiga danau ini muncul karena adanya letusan gunung purba zaman dulu. Letusan yang dahsyat itu kemudian membentuk 3 danau yang ada seperti saat ini. Ketiga danau tersebut adalah danau minyak, danau lebar dan danau asam. Sesuai namanya, ketiga danau ini tentu memiliki keunikan masing-masing.

Danau Lebar

Via https://www.instagram.com/dimdimmm_/
Sesuai namanya, dari ketiga danau yang ada di Suoh, danau ini adalah yang paling luas. Menurut penuturan masyarakat setempat, luas danau ini sekitar 65 hektare. Selain itu danau ini juga sering disebut sebagai danau belibis karena memang banyak sekali belibis yang mampir di danau tersebut. Yang unik dari danau lebar adalah Jika di lihat dari jauh, warna air danau akan terlihat biru pekat.

Danau Asam

Via https://www.instagram.com/ranggaarya93/
Danau ini pun sesuai namanya, rasa air danau ini memang terasa asam. Makanya kemudian diberinama danau asam. Jika dibandingkan dengan danau lebar, luas danau ini lebih kecil. namun danau ini memiliki keunikan tersendiri. Terdapat hamparan pasir kuning dibibir danau yang sangat fotogenik. Untuk mencapai lokasi pasir tersebut, kita dapat menyebrang menggunakan perahu, ataupun berjalan kaki melewati padang ilalang.

Danau Minyak

Via https://www.instagram.com/endangguntorocanggu/
Danau ini memiliki luas sekitar 15 hektare. Permukaan danau ini berkilap seperti terdapat minyak yang bercampur dengan air danau. Menurut penuturan warga setempat, warna danau minyak kerap berubah. Yang paling sering adalah warna kemerahan yang tentu disebabkan bias cahaya dari minyak di permukaannya.

Bukit Padang Ilalang

Via https://www.instagram.com/anto58_/
Hal kain yang membuat Suoh menjadi kawasan wisata alam yang sangat menakjubkan adalah adanya padang ilalang. padang ilalang ini terhampar disekitar 3 danau yang sudah diulas diatas. Jika pintar memilih sudut, kita akan melihat bukit padang ilalang ini seperti bukit teletubies.

Keramikan


Via https://www.instagram.com/endangguntorocanggu/

Keramikan adalah spot unik yang tentu jarang kita temui di daerah lain. Disini, kita akan melihat bagaimana air panas dari panas bumi keluar dan airnya memenuhi cekungan-cekungan kecil. karena mengandung belerang, permukaan tanahnya berubah menjadi warna putih seperti keramik. Ketika mengunjungi tempat ini, wisatawan harus bersama guide setempat karena sangat rawan terperosok. Pada ujung keramikan terdapat kubangan air panas yang meletup-letup. Menurut warga setempat lapisan keramikan terus bertambah luas dan berlapis-lapis.

Kawah Nirwana

Via https://www.instagram.com/olinrullysas/
Tak jauh dari keramikan, kita akan menjumpai Kawah Nirwana. Terlihat seperti keramikan, namun Kawah Nirwana lebih kecil. diujungnya terdapat gundukan yang mengeluarkan uap air terus menerus. Uap yang keluar sangat banyak dan akan terasa sangat panas. Disini wisatawan harus mengikuti intruksi guide sekitar karena tidak boleh melewati batas-batas aman yang sudah dibuat.

Akses dan Akomodasi

Jika explorer ingin berkunjung ke Suoh, terdapat berbagai akses yang bisa ditempuh.

Melalui Kota Agung

Rute ini merupakan rute yang paling cepat. Jika explorer memulai perjalanan dari ibukota Bandar Lampung, explorer kemudian harus melewati Gedongtataan, Pringsewu, Kotaagung. Setibanya di Kotaagung explorer harus menuju ke semaka. Dari sini, arah petunjuk ke Suoh sudah sangat jelas. Namun pastikan kendaraan yang digunakan benar-benar dalam keadaan baik karena akses jalan menuju Suoh agak rusak.

Melalui Liwa

Rute kedua adalah melalui Liwa. Rute ini sedikit memutar dan tentunya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Dari manapun memulai perjalanan, untuk menuju Suoh, explorer terlebih dahulu harus menuju Liwa. Setelah sampai, kita harus menuju Batu Brak kemudian baru menuju Suoh.

Posting Komentar

0 Komentar