Pulau Pisang, Pulau Eksotis nan Menawan


Pulau Pisang, Pulau Eksotis nan Menawan

Via https://www.instagram.com/kruinsta/
Jika adventurer rindu dengan bunyi ombak, sepoi-sepoi angin pantai, bermain di pasir pantai yang putih bersih, menikmati sunrise, camp chill di pantai, sampai membakar ikan, semua bisa dilakukan di Pulau Pisang. Tak hanya itu, Pulau Pisang masih menyimpan berbagai keindahan dan keunikan lain yang tentu harus kalian simak.
Siapa yang tak kenal Pulau Pisang? Salah satu pulau yang ada di Lampung ini belakangan sedang banyak diminati oleh wisatawan. Pulau Pisang ini merupakan sebuah kecamatan tersendiri yang berada didalam wilayah administratif Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat. Tapi kenapa namanya Pulau Pisang? Nah, konon dulu pulau ini banyak ditumbuhi oleh pohon pisang, jadi tak heran jika dinamai sesuai dengan karakternya. Tapi, seperti kebanyakan pulau-pulau kecil lain, saat ini tumbuhan yang ada di Pulau Pisang didominasi oleh pohon kelapa dan beberapa jenis pohon besar lain.
Tentu dibalik namanya, pulau ini menyimpan banyak sekali keindahan yang menawan. Mulai dari pasir pantai yang putih dan sangat bersih, sampai pemandangan epic aktivitas anak-anak bermain dipinggir pantai dan nelayan yang mulai melaut mencari ikan. Tentu adventurer bisa menikmati sore di pinggir pantai sambil ngopi dan diiringi angin pantai yang sepoi-sepoi.
Via https://www.instagram.com/potretlampung/
Selain keindahan pantainya, pulau ini juga memiliki spot-spot wisata keren yang tidak boleh terlewat. Pertama, ada spot dermaga. di spot ini, terdapat dermaga yang sudah korosi dimakan ombak. Tersisa tiang-tiang bekas dermaga yang masih kokoh, yang menjadikannya sebuah ciri khas dari spot ini. Jika adventurer doyang berenang, spot dermaga ini sangat pas untuk menjadi tempat loncat-loncatan. Walaupun masih berada dalam area aman, adventurer juga harus tetap hati-hati karena ombak pantai Pulau Pisang yang besar. Disekitar Spot ini juga merupakan tempat yang paling pas untuk camp karena pasirnya yang luas dan bersih serta terdapat beberapa pepohonan dan saung.
Nah, jika ingin membakar ikan, disana adventurer tentu bisa dengan mudah mendapatkannya dengan harga murah Karena sebagian besar warga Pulau Pisang merupakan nelayan. Jadi adventurer bisa langsung membelinya dengan warga sekitar.
Via https://www.instagram.com/selampung/
Spot kedua yang di Pulau Pisang adalah sunrise spot. Spot ini berada di sebelah timur pulau. Dari sana, adventurer bisa menyaksikan cahaya emas matahari yang baru saja muncul. Prosesi ini tentu sangat menyenangkan untuk disaksikan bersama orang yang paling disayang.

Via https://www.instagram.com/Pesisirbarat_/
Spot terakhir yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan adalah Batu Guri. Spot ini merupakan spot yang sangat sering dijadikan background selfie oleh wisatawan yang berkunjung.  Adanya bangkai kapal yang karam dimakan ombak menjadikannya spot yang memiliki keindahan tersendiri.
Oiya, untuk adventurer yang tidak membawa peralatan camp sendiri, di Pulau Pisang juga terdapat homestay yang bisa dijadikan alternatif menginap.

Akses & Akomodasi

        Untuk Adventurer yang ingin mengunjungi Pulau Pisang. Dari ibu kota Bandar Lampung Adventurer harus menempuh perjalanan darat yang lumayan panjang. Biasanya, butuh waktu 7-8 Jam perjalanan tergantung rute yang diambil. Adventurer dapat memilih 2 alternatif rute yang akan ditempuh.
Rute pertama, perjalanan dari Bandar Lampung melewati Kota Agung, Sedayu, Bengkunat, sampai Krui.
Rute kedua, perjalanan dari Bandar Lampung akan dilanjutkan melewati Bandar Jaya, Kotabumi, Liwa, sampai ke Krui.
                Setelah sampai di Krui, Adventurer bisa memilih 2 alternatif dermaga untuk menyebrang.
·         Pertama adalah Dermaga Kuala. Dari dermaga ini, penyebarangan akan memakan waktu kurang lebih 1 jam hingga sampai ke Pulau Pisang. Adapun ongkos penyebrangannya hanya Rp. 25.000/orang. Jika beruntung, saat menyebrang Adventurer dapat melihat lumba-lumba.
·         Kedua adalah Dermaga Tebakak.  Karena Dermaga ini berada sedikit jauh dari Krui, Adventurer harus terlebih dahulu mencari ojek untuk menuju ke Dermaga tebakak. Dari Krui menuju Dermaga Tebakak memakan waktu 30 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan laut selama 15 menit karena dermaga tebakak lebih dekat dengan pulau pisang. Penyebrangan ini memakan ongkos Rp. 15.000/orang.
Via https://www.instagram.com/selampung/
Tapi perlu diingat, kedua dermaga hanya melayani penyebrangan pada 2 jadwal keberangkatan, pada pagi hari pukul 08.00 WIB dan pada siang hari pukul 13.00 WIB. Tapi jika datang bersama rombongan, Adventurer dapat menyewa kapal untuk menyebrang dengan biaya Rp. 600.000 perjalanan pulang pergi.

Fasilitas

          Saat ini Pulau Pisang sudah memiliki beberapa homestay yang sangat nyaman. Jika Adventurer tidak membawa perlengkapan camp, maka homestay menjadi salah satu alternatif. Mulai dari Rp. 200.000 –  300.000 anda sudah bisa menempati homestay untuk melepas lelah setelah menjelajah pulau.
Pulau dengan luas 2.310 hektar ini tentu sangat melelahkan jika dijelajahi dengan berjalan kaki. Tapi jangan takut, Adventurer bisa menyewa sepeda kepada warga setempat untuk menjelajahi pulau pisang. Mulai dari Rp. 20.000 untuk sepeda 1 sadel dan Rp. 30.000 untuk sepeda 2 sadel.
Untuk Adventurer yang selalu ingin Online setiap saat walau sedang berada di Pulau, jangan khawatir karena di Pulau Pisang sinyal provider sudah 4G seperti Telkomsel, Smartfren, Im3, 3, dan XL. Dipulau ini juga sudah terdapat Masjid.
Jadi bagaimana Adventurer, Sudah menentukan tanggal untuk menjelajah Pulau Pisang?

Posting Komentar

2 Komentar