Kopi Joss, Kopi Khas Jogja Dengan Segala Keunikannya

Via https://instagram.com/jogjaku/
Indonesia memang merupakan salah satu Negara yang dikenal dengan keberagaman olahan kopinya. Hampir di setiap daerah memiliki cirikhas olahan kopinya masing-masing. Menariknya, beberapa daerah punya cara penyajian kopi yang unik sehingga membuat citarasa dan karakter tersendiri pada kopi yang disajikan. Keunikan tersebut kemudian menjadi cirikhas kuliner di daerah. Salah satunya adalah Kopi Joss di Yogyakarta.

Nah, kopi joss adalah salah satu kopi yang menjadi cirikhas Jogja. Saking uniknya, kopi ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat lokal hingga mancanegara. Yang membuat kopi ini khas adalah pengolahan dan penyajiannya yang unik.

Umumnya Kopi Joss diambil dari biji kopi tradisional yang didatangkan langsung dari Merapi, Klaten atau daerah-daerah lain di Jawa Tengah. Sehingga kopi ini memiliki cita rasa yang khas dari kawasan tersebut. Kemudian, biji kopi tersebut akan diolah secara tradisional pula. Kopi tersebut disangrai menggunakan wajan tanah liat dan ditumbuk dengan halus. Cara tradisional ini dipercaya mampu menjaga citarasa dari kopi itu sendiri.

Via https://instagram.com/hendriehartono/

Keunikan lain yang menjadi ciri paling menonjol adalah cara penyajian kopi ini yaitu disajikan dengan menggunakan arang yang masih panas memerah. Kopi akan terus mendidih hingga bara didalamnya sudah mati. Ketika dimasukkan, kopi akan meletup-letup menjadikan proses penyajian kopi ini sangat menarik untuk dilihat.

Jangan salah, kopi joss ternyata juga mengandung khasiat. Arang yang ada dalam kopi tersebut akan menambahkan zat karbon dan sorbitol pada kandungan kopi sehingga berguna untuk detoksifikasi percernaan (penyerap racun). Harga kopi ini juga sangat terjangkau, dengan Rp. 5000 Explorer sudah bisa mencicipinya.

Via https://insagram.com/lemvck/

Dari mulai Penyajian hingga pengolahan kopinya yang unik membuat kopi ini sangat direkomendasikan ketika explorer berkunjung ke Jogja. Ada beberapa kedai angkringan kopi joss yang sangat terkenal di Jogja:
1. Angkringan Lek Min (Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta)
2. Angkringan Kopi Joss Mbak Siska (Depan Stasiun Tuggu, Sosromeduran, Gedong Tengen, Yogyakarta)
3. Angkringan Kopi Joss Lek No (Depan Stasiun Tuggu, Sosromeduran, Gedong Tengen, Yogyakarta)
4. Angkringan Kopi Joss Mas Bagong (Jl. Jenderal Sudirman, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta)

Nah explorer sudah pernah mencobanya? Jika belum, langsung datang dan selamat menikmati salah satu kearifan Jogja.

Posting Komentar

0 Komentar