Ingin Mendaki Saat Musim Hujan? Pastikan Kamu Lakukan Ini



Via https://Areioutdoorgear.co.id/
Sudah ingin mendaki, tapi musim hujan? Ya mendaki saja, jangan ditahan-tahan. Tapi explorer harus benar-benar memastikan banyak hal. Dengan begitu, meski curah hujan cukup tinggi, explorer tetap bisa mendaki dengan aman. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin tetap mendaki saat musim hujan.

Melakukan Persiapan Fisik

Pendakian merupakan olahraga yang didalamnya terdapat seluruh resiko cedera. Bahkan dapat menimbulkan kematian. Saat musim hujan, kondisi jalur pendakian semakin tak dapat diprediksi. Jadi melakukan persiapan sebelum pendakian adalah hal wajib. Pendakian memerlukan fisik yang kuat. Sebelum melakukan pendakian, explorer harus melakukan persiapan fisik seperti lari, sit up, scot jump dan olehraga lain yang melatih otot kaki dan perut. Persiapan ini dilakukan agar tubuh kita mampu mengantisipasi kemungkinan kondisi yang ada.
Via https://pixabay.com/

Persiapan Perlengkapan Yang Standar

Saat melakukan pendakian di musim hujan, perlengkapan adalah hal primer yang harus dipersiapkan dengan baik. Explorer harus benar-benar memastikan perlengkapan yang di bawa sudah standar. Alat-alat yang tahan air sangat direkomendasikan guna meminimalisir kondisi basah. Nah ada beberapa hal yang wajib explorer bawa saat mendaki di musim hujan seperti mantel, flysheet untuk melapisi layer tenda, sepatu waterproof, trashbag untuk melapisi bawaan dalam carrier, raincover dan pakaian ganti yang hangat. Selain itu, membuat galian disekitar tenda juga akan mengurangi resiko rembes pada tenda.
Via https://mailoo.com/

Pelajari Karakter Gunung Yang Akan Didaki

Mendaki di musim hujam memang memiliki banyak resiko, makanya, explorer harus mempelajari karakter gunung yang akan didaki. Dari mulai jalur yang akan dilewati, jarak tempuh, shelter daurat, sumber air, sampai rekomendasi lokasi camp yang aman dari badai. Jalur yang licin dan rawan longsor juga harus masuk dalam pertimbangan. Jadi saat explorer sudah mengerti karakter tersebut, maka akan lebih mudah dalam mengambil keputusan ketika ada sesuatu yang mendesak.
via https://lifestyle.okezone.com/

Cek Prakiraan Cuaca Dari BMKG

Setelah menentukan tanggal dan lokasi pendakian, explorer harus memantau cuaca di daerah gunung yang akan didaki. Hal ini bisa dilakukan melalui informasi yang dikeluarkan oleh BMKG. Tapi BMKG hanya mengeluarkan informasi 3 hari saja yaitu hari ini, besok dan lusa. Jadi resikonya, explorer harus sewaktu-waktu mempersiapkan segala persiapannya sehingga ketika dapat cuaca yang cerah, explorer bisa langsung berangkat.
via https://tamboraku.blogspot.com/

Selalu Berdoa

Melakukan perjalanan merupakan hal yang penuh ketidak pastian, jadi jangan lupa untuk terus berdoa. Karena kita umat beragama, jadi apapun perkaranya harus tetap diserahkan kepada tuhan yang maha esa.

Nah kalau sudah seperti itu, pastikan hal-hal ini agar pendakian tetap aman dan nyaman. Stay safe. Selalu jaga kesehatan dan selamat mendaki.

Jika cuaca sangat tidak memungkinkan untuk meneruskan pendakian, jangan memaksa. Selalu ingat, tujuan mendaki adalah pulang dengan selamat.

Posting Komentar

0 Komentar