Jalur Pendakian Gunung Seminung, Pointview Kemegahan Danau Ranau

https://www.exploringindonesia.com/2020/03/gunung-seminung-pointview-kemegahan.html
Via https://instagram.com/febri_irhas01/

Gunung Seminung merupakan salah satu gunung yang menjadi salah satu tujuan para pendaki Lampung. Berikut merupakan jalur pendakian Gunung Seminung.

Gunung yang berada di perbatasan antara Lampung dan Sumatera Selatan ini memang terkenal dengan karakter dan ragam keindahannya yang tidak akan didapatkan di gunung-gunung Lampung yang lain. 

Gunung Seminung memiliki ketinggian 1.880 Mdpl. Dari puncaknya, kita akan disuguhi panorama yang sangat indah dan eksotis. Jika cuaca sedang cerah, view Gunung Seminung sangat memanjakan mata dan juga sangat fotogenik.

Keunikan-keunikan tersebut tentu menjadi daya Tarik tersendiri yang tentu membuat penasaran. Nah dari sini, kita akan bahas berbagai keunikan yang ada di Gunung Seminung.

Keindahan Gunung Seminung

Kemegahan Danau Ranau Yang Sangat Mewah

Via https://instagram.com/almirafauziahp/
Danau terbesar kedua di Sumatera ini akan nampak jelas ketika kita sudah sampai di puncak. Danau yang berada di sebelah utara ini akan terlihat sangat jelas ketika cuaca sangat cerah

Puncak yang dihiasi Edelweis

Via https://instagram.com/zalatandanarr_/
Edelweiss merupakan salah satu bunga yang juga menjadi data Tarik tersendiri. Bunga yang juga disebut bunga abadi ini menjadi salah satu alasan pendaki untuk mendaki gunung. Bunga ini akan bermekaran dengan sempurna pada bulan Juli-Agustus, jadi pastikan explorer untuk dapat melihat keindahan Gunung Seminung tersebut.

Jalur Naga

Via https://instagram.com/febri_irhas01/
Jalur penyambungan ini merupakan salah satu spot foto favorit pendaki. Jalur yang naik turun tapi lurus, jika dilihat akan membentuk seperti naga. Jalur ini jaraknya sudah sangat dekat dengan puncak. Namun sayangnnya, jalur ini hanya dapat dinikmati melalui jalur Lumbok.

Pemandian air panas

Pemandian ini berada tepat di kaki Gunung Seminung jalur Kotaagung. Jadi pemandian ini hanya dapat dinikmati pendaki yang mengambil jalur pendakian via Kotaagung. Pemandian ini tentu menjadi salah satu kelebihan tersendiri, pendaki yang sudah lelah pasca pendakian, bisa langsung rehat dan melepaskan lelah di pemandian air panas ini.

Via https://intsgram.com/pendakilampung/
Gunung Seminung juga merupakan gunung yang puncaknya bisa dijadikan campground seperti Gunung Pesagi. Tetapi, dengan puncak yang hanya ditumbuhi vegetasi kecil seperti rumput dan ilalang tentu sangat beresiko ketika terjadi badai. Puncak Gunung Seminung tidak terlalu luas, jadi para pendaki harus sangat cermat untuk mencari tempat landai agar dapat mendirikan tenda.

Karena Gunung Seminung merupakan gunung yang relatif pendek, maka gunung ini termasuk kedalam salah satu gunung yang mudah didaki di Lampung. walaupun sedikit terjal, jalur pendakian Gunung Seminung sangat menyenangkan karena memiliki karakter hutan basah. Pendakian Gunung Seminung dapat dilakukan melalui dua jalur, yaitu Lumbok dan Kota Agung. Untuk menuju puncak Seminung, estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 4-5 jam tergantung seberapa cepat langkah explorer. Jika Explorer ingin mengunjungi seminung, jangan lupa melakukan persiapan yang cukup dan jangan lupa mengecek cuaca.

Jalur Pendakian Gunung Seminung

Jalur pendakian Gunung Seminung memiliki 2 alternatif jalur yang resmi digunakan oleh para pendaki. Jalur pertama melalui desa wisata Lumbok Ranau Lampung Barat dan jalur kedua melalui Kotabaru Sumatera Selatan.

Pendakian melalui jalur Lumbok, memiliki waktu tempuh yang cepat karena melewati pungungan yang langsung menuju puncak. Dari jalur ini, kita hanya butuh waktu pendakian sekitar 2-3 jam saja hingga tiba di puncak.

Sedangkan, jalur Kota baru merupakan rute yang lumayan jauh. Hal ini menyebabkan waktu tempuh yang lebih lama yaitu 4-5 jam pendakian. Saat melewati jalur ini, pendaki juga harus menyebrangi Danau Ranau untuk tiba di kaki rimba Gunung Seminung. Jalur ini tentu  menghabiskan estimasi pengeluaran yang lebih banyak dibandingkan dengan jalur Lumbok.

Posting Komentar

0 Komentar