Gunung Pesagi: Jalur dan Estimasi Pendakian Atap Tertinggi Lampung


Gunung Pesagi, Atap tertinggi Lampung
Via https://instagram.com/ekafendiaspara_alliwa/

Gunung Pesagi merupakan gunung tertinggi yang ada di Provinsi Lampung. Gunung dengan ketinggian 2.389 Mdpl ini memiliki jalur yang sangat terkenal dengan aura mistisnya, namun gunung ini juga menyimpan banyak sekali panorama eksotis mulai dari jalur hingga puncaknya. berikut merupakan jalur dan estimasi pendakian Gunung Pesagi.

Gunung yang berada di Liwa, Kabupaten Lampung Barat ini memiliki keistimewaan yang tak dimiliki gunung-gunung lain yang berada di Lampung. Berikut merupakan jalur dan estimasi waktu pendakian Gunung Pesagi.

Jalur Pendakian Gunung Pesagi

Jalur Anggrek Kantung Semar

Via https://instagram.com/iffansdn/

Di Gunung Pesagi, Explorer akan dimanjakan dengan jalur yang dihiasi oleh keindahan bunga anggrek yang beragam. Tentu akan sangat sempurna jika explorer mendaki saat bunga anggrek di jalur tersebut sedang mekar-mekarnya.


Hutan lumut

Via https://instagram.com/_trisatria/

Sesuai namanya, jalur ini baik tanah maupun pepohonnnya diselimuti lumut hijau yang tentu menambah kesan eksotis. Bagi explorer yang aktif di Instagram, jalur ini juga merupakan jalur yang sangat instagramable. Tapi terlepass dari semua itu, jalur ini tentu memiliki konsekuensi yaitu sangat licin untuk dilewati. Maka pastikan explorer menggunakan perlengkapan alas kaki yang standar.

Via https://instagram.com/muhammad_lugas/

Sumur Tujuh

Ini merupakan salah satu keistimewaan Gunung Pesagi yang dibalut dengan aura mistis. Sumur ini berada di jalur dekat puncak. Ketika sudah sampai di puncak, maka akan terlihat jalur turun yang sangat curam dan memiliki plang bertuliskan sumur 7.

Sumur tujuh ini adalah 7 lubang yang tidak terlalu besar dan berisi air yang sangat segar dan bersih. Mitosnya, menurut warga setempat, tidak semua sumur itu berisi air, hanya orang yang berhati bersih yang akan mendapati ketujuh sumur itu semuanya berisi air.

Penyambungan


Via https://instagram.com/mariaulfaw/

Penyambungan adalah jalur punggungan yang menghubungkan jalur menuju puncak pesagi. Sebutan penyambungan merupakan nama yang disematkan oleh para pendaki. Jalur ini berupa jalan sempit yang di kanan dan kirinya adalah tebing.

Jalur ini juga biasa disebut jembatan sirotol mustaqim. karena disekitar jalur ini tidak ada vegetasi yang relatif tinggi, pendaki akan disuguhkan dengan panorama perbukitan yang sangat fotogenik.

Via https://instagram.com/kiki_kinusa/

Akses Gunung Pesagi

Untuk menuju lokasi pendakian, ada beberapa alternatif yang bisa ditempuh. Pertama, untuk explorer yang menggunakan kendaraan peribadi langsung saja menuju kampung Bahway yang ada di Liwa. Jika memulai perjalanan dari Bandar Lampung, maka akan memakan waktu selama kurang lebih 6-7 jam perjalanan.

Kedua, untuk explorer yang memilih untuk menggunakan angkutan umum. Maka bisa memulai perjalanannya di Terminal Rajabasa, Bandar Lampung. dari terminal tersebut mencari bus angkutan kota yang menuju ke Liwa. Perjalanan ini membutuhkan waktu 7 jam perjalanan. Setelah sampai di Liwa, explorer harus menuju ke Desa Bahway.


Gunung pesagi memang gunung yang tidak terlalu tinggi. Namun gunung ini sudah termasuk kedalam kategori gunung yang memiliki jalur sangat terjal dan menantang. Saking terjalnya, dibeberaapa titik jalur ada tali yang sudah terpasang sebagai alat bantu pendakian.

Akar-akar dan pohon tumbang membuat perjalanan pendakian jadi lebih licin dan memberatrkan. Untuk sampai ke puncak pesagi dibutuhkan waktu sekitar 6 jam pendakian.

Maka explorer yang ingin mendaki Gunung Pesagi harus memastikan persiapan yang dilakukan sudah benar-benar sesuai strandar, mulai dari peralatan, fisik, sampai mental.

Posting Komentar

0 Komentar